Berproduktif

0
93

Kita manusia tentunya ingin selalu menambah kwalitas diri kita. Yaitu pengalaman dan pengetahuan dalam berbagai aspek. Dalam hal ini tentunya dituntut untuk kita bisa terbuka pada banyak hal. Dengan meningkatnya kwalitas dan kapasitas dari kita tentunya akan memberikan banyak manfaat baik pada sesama dan khususnya untuk diri kita sendiri. Kenapa? firman Allah menjawab, “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad).

Namun dibalik itu semua, sering terkendala dengan pikiran kita sendiri yang bersifat negatif yang belum tentu akan terjadi seperti dengan apa yang ada dalam prasangkaan kita. Misal, nanti kalau saya begini akan begitu enggak sih? kalau saya begitu pasti akan begitu dan begitu seterusnya.

Akhirnya kita stuck di tempat karena pikiran negatif kita sendiri. Sesungguhnya Allah mencintai sikap optimis dan membenci sikap putus asa. Yuk bersandar pada firman Allah berikut: “Tuhanmu tiada meninggalkan kamu dan tiada pula benci kepadamu.” (Ad-Dhuha : 3 )

Selain pikiran negatif kita, timbul juga rasa ketidakpercayaan diri kita. Wah, bahaya, nih. Padahal walaupun kita ingin menaikkan kwalitas diri kita dengan mengikuti berbagai macam kegiatan kalau tidak percaya diri, ya sudah. Klop deh, dengan pikiran negatif kita. Sama-sama memberikan hambatan dalam langkah kita. Itulah kenapa kita diharuskan untuk selalu menjadikan Allah sebagai sandaran kita dalam hal apa pun, sebab dengan begitu hilanglah rasa ketidakpercayaan diri kita. Allah berfirman: “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang – orang yang paling tinggi derajatnya jika kamu orang – orang beriman. (Al- Imran : 139)”.

Oleh karena itu, jika ingin menaikkan kwalitas diri kita selalu tanamkan dalam diri kita 3 hal itu yaitu Berpikiran positif, terbuka pada banyak hal, dan selalu percaya diri. Ada beberapa tips dari saya bagaimana agar kita tak malu – malu lagi, yaitu selalu berpikir kalau kita selalu mempunyai kelebihan masing – masing yang di berikan Tuhan, jika mereka bisa pasti saya juga akan bisa. Jika tampil di atas panggung, jangan menatap wajah penonton dan berpikirlah bahwa panggung adalah milikmu seorang.

Semoga Bermanfaat 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here